Langsung ke konten utama

TARI JAIPONG MILIK JAWA BARAT

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TARI JAIPONG



    Indonesia begitu kaya dengan beragam budaya. Setiap daerah mempunyai kesenian yang menambah daftar kekayaan budaya Indonesia. Selain tari Pendet dari Bali dan tari Piring dari Padang yang cukup atraktif, ada juga juga Tari Jaipong.Tari Jaipong atau Jaipongan adalah seni tari yang tercipta dari kreativitas seorang seniman Bandung, Gugum Gumbira.



Sejarah Tari Jaipong

Sejarah Tari Jaipong mulai lahir melalui proses tangan kreatif dari seorang seniman bernama H. Suanda sekitar tahun 1976 di Karawang.Tari Jaipongan merupakan karya seni yang tercipta dengan menggabungkan beberapa elemen seni tradisional karawang, seperti pencak silat, wayang golek, topeng banjet, ketuk tilu dan lain-lain.

Di karawang tari jaipongan tumbuh dengan pesat sejak tahun 1976, dengan ditandai munculnya rekaman jaipongan SUANDA GROUP dengan instrument sederhana, yang terdiri dari beberapa alat musik seperti gendang, ketuk, kecrek, goong, rebab dan sinden atau juru kawih.

Pada saat itu, posisi tari jaipong menjadi alternatif seni pertunjukan dan hiburan dari pada seni tradisi yang sudah tumbuh dan berkembang lebih dulu di karawang, seperti pencak silat , topeng banjet, ketuk tilu, tarling dan wayang golek.

Tarian ini kemudian dikemas dalam bentuk rekaman dan para seniman dari karawang dibawa bersama Suwanda ke bandung.Setelah sukses memperkenalkan tari Jaipong di bandung dan sudah mulai terkenal, yang bagus malah Bandung.Pada awalnya tarian Jaipong dibawa ke kota Bandung oleh seorang seniman bernama Gugum Gumbira, sekitar tahun 1960-an.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan tarian asal karawang dikota bandung dan menciptakan suatu jenis musik dan tarian pergaulan yang dipelajari dari kekayaan seni tradisi rakyat Nusantara, khususnya Jawa Barat.

Meskipun tari jaipong termasuk kreasi yang relatif baru, namun tari Jaipongan dikembangkan berdasarkan kesenian rakyat yang sebelumnya sudah berkembang di tengah masyarakat, seperti Ketuk Tilu, Kliningan, serta Ronggeng.


Perkembangan Tari Jaipong

Daun Pulus Keser Bojong dan Rendeng Bojong adalah karya Jaipongan pertama yang mulai dikenal luas masyarakat. Kedua jenis tari ini termasuk dalam tari putri dan tari berpasangan (putra dan putri). Dari tarian inilah lahir penari Jaipong yang hebat, seperti Tati Saleh, Yeti Mamat, Eli Somali, dan Pepen Dedi Kurniadi.

Keberadaan Jaipongan memberi pengaruh yang besar terhadap para seniman tari untuk lebih giat lagi menggali jenis tarian takyat lainnya. Selain itu, dampak lainnya adalah banyaknya para pencinta seni tari yang menyelenggarakan kursus-kursus tari Jaipongan.


Tari Jaipong Sekarang

Jaipong merupakan salah satu identitas kesenian Jawa Barat. Tari ini seringkali dipentaskan saat acara-acara penting, seperti penyambutan tamu dari negara asing yang datang ke Jawa Barat. Jaipongan juga sering diikutsertakan dalam misi-misi kesenian ke luar negeri. Tanggapan masyarakat dunia tentang tarian satu ini juga cukup bagus. Mereka bahkan dengan senang hati ikut menari. Walaupun terlihat mudah hanya tinggal menggoyang-goyangkan pinggul, ternyata menari Jaipong itu tidak semudah kelihatannya.

Gerakan Jaipongan itu sangat dinamis dan energik. Hanya penari yang mempunyai stamina bagus saja yang akan bisa menarikan tarian ini dengan mudah. Bagi yang baru belajar, pasti akan terlihat betapa kakunya pinggang sang penari. Tarian yang mirip dengan tarian dari Betawi ini kadang dianggap sebagai tarian yang terlalu seksi. Goyang pinggul penari yang terlalu panas bisa membuat suasana semakin panas. Tidak mengherankan kalau tarian ini sempat akan dilarang tampil bila penampilan para penari dianggap terlalu seronok.


Pola Gerakan Tari Jaipong 


Jaipong, seni atau seksualitas? | Vanartik,


1. Bukaan

Gerakan ini adalah gerakan pembukaan pada saat dimualinya pementasan. Para penari biasanya para penari lebih dulu melakukan gerakan berjalan memutar, sembari memainkan selendang yang berada di leher sang penari.

Gerakan para penari yang lemah gemulai akan langsung membuat para penonton tertarik untuk melihat tarian ini.

2. Pencungan

Pancungan merupakan gerakan tarian jaipongan yang dilakukan dalam tempo yang cepat, serta diiringi musik dan lagu yang juga cepat.

Biasanya gerakan pencungan ini dilakukan dengan penuh semangat sehingga banyak penonton yang ikut terbawa dan menikmati tarian ini.

3. Ngala

Ngala merupakan gerakan tarian yang terlihat seperti patah-patah Gerakan tarian ini berguna pada saat penari melakuan perpindahan dari titik ke titik berikutnya yang dilakukan dengan tempo yang sangat cepat.

Gerakan ngala dalam tarian jaipong dapat menambah keunikan tersendiri dari tarian ini dan juga untuk penonton.

4. Mincit

Gerakan ini berfungsi sebagai perpindahan dari satu ragam gerakan ke ragam gerakan lain. Ketika menari, biasanya gerakan ini dilakukan setelah ada gerakan ngala.


Kostum Tari Jaipong

Jual Kostum Tari Jaipong - Kota Bandung - ade tri 80 | Tokopedia


1. Sinjang

Meskipun sekarang ini sudah banyak para kreasi busana untuk tarian ini, namun pada awalnya tetap busana yang dipakai adalah kain yang mirip seperti celana panjang.

Celana panjang inilah yang disebut Sinjang, pakaian tradisional yang tetap dipakai saat pentas.

2. Apok

Saat pentas para penari juga menggunakan busana atasan khusus yaitu pakaian Apok. Busana ini juga sama seperti pakaian pada umumnya, seperti adanya kancing, terdapat hiasan bordiran bermotif bunga – bunga yang terdapat pada sudut – sudut pakaian.

3. Sampur

Sampur adalah kain panjang yang mirip dengan selendang yang diletakkan di leher penari. Kain tersebut merupakan salah satu unsur utama dalam tarian ini, karena pada pada tiap- tiap gerakan pasti memainkan sampur.


Alat Musik Jaipong


Alat Musik Yang Mengiringi Tari Jaipong - Berbagai Alat

1. Gendang

Gendang atau kendang merupakan alat musik yang sudah biasa ada dan dimainkan pada saat pementasan kesenian dari Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Cara memainkan Alat musik ini dengan cara ditabuh.

Dalam tari jaipong gendhang juga dipakai untuk mengiringi tarian ini dengan tempo penabuhan yang cepat, sehingga membuat penonton mudah terbawa dan menikmati tarian ini.

2. Gong

Alat musik gong dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul. Alat musik ini mempunyai suara khas berupa dentuman yang keras.

Pada hitungan tertentu alat ini dipukul untuk mulai mengiringi tarian ini.

3. Kecapi

Sama halnya dengan tarian alat musik lainnya, kecapi adalah alat musik yang digunakan dalam tarian jaipong yang merupakan alat musik yang berasal dari Sunda.

Alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara dipetik dan sumber suara yang dihasilkannya berasal dari dawai.

4. Rebab

Rebab adalah alat musik pelengkap dalam tarian ini. Pada alat musik ini terdapat tiga senar dan cara memainkannya dilakukan denga cara dipetik.

Alat musik rebab ini digunakan untuk membuat tarian ini semakin hidup dengan bunyi yang di hasilkannya.

 5. Kecrek

Alat musik ini digunakan untuk mengiringi tarian ini, alat musik kecrek merupakan perkusi yang sering digunakan pada pementasan wayang kulit.

 

Macam-Macam Gerakan Tari Jaipong 

Tari Jaipong | Ogya_Dama_Kusuma


 1. Ibing Pola (Tarian Berpola)

Tarian Ibing pola pada saat penampilan biasanya dilakukan secara rampak (berkelompok) dikoreografi, disajikan dalam panggung sebagai kebutuhan tontonan saja.

2. Ibing Saka (Tarian Acak)

Tarian ibing saka pertama populer di kawasan Subang dan Karawang, tarian ini juga disebut sebagai Bajidor.Bajidor ini sering diasosiasikan sebagai akronim Barisan Jelama Boraka atau barisan Orang-orang Durhaka.


Gerakan Dasar Tari Jaipong 

1.Geol merupakan gerakan yang fokus pada gerakan pinggul

2.Gitek merupakan gerakan ayunan pada pinggul yang disertai hentakan

3.Goyang merupakan gerakan gerakan pinggul yang dilakukan tanpa hentakan

 

Anggapan Masyarakat Tentang Tari Jaipong

Bagi masyarakat Jawa Barat, Jaipongan telah menjadi bagian dari budaya mereka. Mereka mencintai budaya ini. Walaupun sekarang tampaknya tidak banyak lagi anak muda yang mempelajari tari Jaipong. Terutama ketika Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriawan, mengungkapkan buah pikirannya tentang tarian yang dipandangnya cukup erotis.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman mengikuti program DevHandal dan tersertifikasi Certified Developer dari Alibaba Cloud

Di era digital yang berkembang pesat, keterampilan di bidang teknologi informasi dan ilmu komputer menjadi semakin penting. Perusahaan teknologi global menawarkan program pelatihan dan sertifikasi untuk memastikan para profesional TI selalu mengikuti perkembangan terkini dalam industri. Perusahaan teknologi yang sangat terkenal adalah Alibaba Cloud, yang telah mengembangkan program sertifikasi bernama DevHandal untuk melatih dan menguji pengembang cloud. Saya mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam program DevHandal dan menerima sertifikasi Certified Developer dari Alibaba Cloud. Dalam artikel ini, saya ingin berbagi pengalaman saya berpartisipasi dalam program ini dan bagaimana program ini membantu pengembangan profesional saya. 1. Dapatkan Pelatihan Setelah mendaftar di program DevHandal, Saya kini memiliki akses ke berbagai sumber pelatihan online. Sumber daya ini mencakup materi pelatihan, panduan, dan tutorial video yang sangat berguna. Saya juga memiliki akses ke forum ko